Inilah Kacang Kedelai Edamame Yang Terkenal Di Jepang

posted in: Berita | 0

Bagi Anda yang gemar mengamati perkembangan tentang Negeri Sakura pasti mengenal snack Kedelai Edamame. Selain terkenal di Jepang, Kedelai Edamame juga dikenal di China dengan sebutan “Mou Dou”. Sedangkan di Eropa terutama masyarakat Inggris lebih mengenal kedelai ini dengan nama “Vegetable Soybean” (kedelai  sayur)  atau  “Green  Soybean”  atau  “Sweet Soybean” .

                Jika Kedelai Edamame diartikan dalam Bahasa Jepang maka Eda berarti cabang dan mame berarti kacang, dapat diartikan sebagai  buah  yang  tumbuh  di  bawah  cabang  (branched  bean). Perbedaan Kedelai Edamame  dengan  kedelai  biasa  adalah rasanya  yang  cenderung  agak  manis,  warnanya  hijau cerah,  dan  ukuran  bijinya  yang  cukup  besar. Kedelai Edamame sendiri umumnya dipanen  ketika  kedelai  baru  80%  matang.

                Di Jepang, tingkat kebutuhan Edamame sangat tinggi pada saat musim panas. Edamame sebagai pasangan minum sake (bir) dan ini sudah menjadi tradisi di negeri Sakura. Kedelai Edamame memiliki  kadar  Trypisin-Inhibitor yang lebih rendah dan lebih menyehatkan. Selain  Kedelai Edamame kaya  akan kalsium, Kandungan proteinnya 16%, hampir dua kali lipat dibandingkan dengan kandungan  protein  pada  kacang  buncis (Singgih, 2013).

Sumber : Https://Fit.Webmd.Com/teen/food/article/edamame

Dikutip dari Detik.Com/Wolipop, Nutritionist asal Inggris, Shona Wilkinson mengatakan bahwa Edamame bisa jadi camilan sehat dengan cara dikukus, atau dijadikan tambahan dalam sup. Kacang kedelai berukuran besar dan berwarna hijau ini juga bisa ditambahkan pada salad, atau dipanggang.

Masih dikutip dari Detik.Com/Wolipop Shona, menambahkan bahwa ngemil Edamame merupakan cara yang bagus untuk menjaga nafsu makan tetap terkontrol. Terlebih lagi Edamame juga tinggi protein, membantu perut terasa kenyang lebih lama sehingga ideal dimakan di sela-sela jam sarapan dan makan siang, atau sore hari sebelum makan malam. Setengah cangkir Edamame sudah bisa mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari.

                Dikutip dari Bisnis.Liputan6.Com, Direktur Mitratani, Wasis Pramono mengatakan bahwa kebutuhan Edamame di Jepang besar sekali sampai 200 ribu ton. Sebanyak 150 ribu ton dipenuhi dari hasil dalam negeri dan 50 ribunya dari Indonesia dan negara lainnya.

Sumber Referensi

Ariyanti F. 2017. Mengupas Edamame Jember Yang Mendunia. Dalam Http://Bisnis.Liputan6.Com/read/2892423/mengupas-edamame-jember-yang-mendunia

Hestianingsih. 2016. Manfaat Ngemil Edamame Untuk Penurunan Berat Badan. Dalam Https://M.Detik.Com/Wolipop/read/2016/10/03/110524/3311914/849/manfaat-ngemil-edamame-untuk-penurunan-berat-badan

Pambudi, Singgih. 2013. Budidaya dan Khasiat Kedelai Edamame Camilan Sehat dan Lezat Multi Manfaat. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru.

Sumber Gambar Cover

Http://www.MomJunction.com/articles/edamame-during-pregnancy_00372084/#gref

Leave a Reply