Jus Tempe, Alternatif Cara Mengkonsumsi Tempe Yang Lebih Menyehatkan

posted in: Berita | 0

Mengkonsumsi tempe itu menyehatkan. Apalagi kalau tempe yang dikonsumsi seperti produk ATTempe. Dari bahan bakunya saja sudah menggunakan kedelai lokal varietas unggulan yang kemudian disortir terlebih dahulu sebelum diolah. Kemudian proses produksinya menggunakan teknologi tepat guna dan sanitasi ruang produksi yang dijaga dengan baik.
Selain dari kualitas tempenya, mengkonsumsi tempe yang menyehatkan juga bisa diperoleh dengan dari cara mengkonsumsinya. Mungkin selama ini kita lebih mengenal cara mengkonsumsi tempe dengan cara diolah atau direbus. Tapi ternyata, ada cara lain yang lebih menyehatkan untuk mengkonsumsi tempe, yaitu dengan cara dijus.

Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB yang juga Ketua Forum Tempe Indonesia (FTI), Made Astana mengatakan, prebiotik dalam tempe lebih tinggi dari yoghurt, dan akan terjaga jika diolah dengan benar.
Dikutip Dari LifeStyle.Kompas.Com (28/05/2017), Made Astana mengatakan bahwa Di tempe itu ada mahluk hidup, prebiotik yang kita makan berwujud mikroba dalam keadaan hidup, namanya bakteri asam laktat, seperti di yoghurt. Selain itu, dalam tempe juga terdapat minyak kedelai yang mengandung lemak nabati sehat.


Berbagai nutrisi dan prebiotik yang baik untuk pencernaan di tempe akan tersimpan utuh saat Anda mengkonsumsinya dengan cara dijus. Berbeda jika dimasak dengan cara digoreng yang akan menghilangkan prebiotik dan lemak nabati pada minyak kedelai.
Untuk mengolah tempe menjadi jus, sebaiknya tempe yang masih segar baru dibeli. Kemudian tempe mentah dipotong dadu dan dikukus sekitar 10 menit sampai air kukusannya mendidih dan tempe cukup layu untuk menghilangkan wangi kedelai saat tempe dijus. Tempe kemudian dijus bersama buah – buahan seperti kurma, mangga, sirsak, pisang, dan buah naga untuk memberikan rasa manis. Perbandingan yang digunakan ialah tempe 100 gram dengan buah sekitar 150-200 gram, dan air atau es batu secukupnya.

Ketua Forum Tempe Indonesia ini mengaku sudah terbiasa mengkonsumsi jus tempe bersama teman – teman rumah tempe Indonesia. Menurutnya jus tempe ini mirip dengan smooties, tidak ada lagi aroma kedelainya.

Sumber Referensi
Muhammad Irzal Adiakurnia. 2017. Jangan Remehkan, Jus Tempe Lebih Sehat dari Yoghurt. Diakses Dari http://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/28/110000120/jangan.remehkan.jus.tempe.lebih.sehat.dari.yoghurt.

Sumber Gambar Cover
Http://Www.OneGreenPlanet.Org/vegan-food/tempeh-a-high-protein/
Sumber gambar
https://i.ytimg.com/vi/cdPRR_ZX-O8/hqdefault.jpg

Leave a Reply