Peluang Kedelai Lokal Di Industri Pangan

posted in: Berita | 0

Industri pangan adalah industri yang tidak ada matinya. Industri pangan akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Apalagi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang membantu mempermudah penyebaran informasi akan suatu produk pangan. Maka tidak heran jika industri pangan terus berkompetisi dalam membuat produk pangan yang menarik dan enak untuk di konsumsi.

Di tengah – tengah tumbuhnya industri pangan, permintaan akan pangan sehat juga turut muncul di dalamnya. Hari ini semakin banyak orang – orang yang peduli akan kesehatan dan makanan yang mereka konsumsi. Mereka ingin makanan yang mereka konsumsi memberikan kesehatan jangka panjang, bukan membuat mereka harus mengkonsumsi obat – obatan di masa mendatang.

Pangan sehat akan berhubungan dengan pangan fungsional. Pangan fungsional merupakan produk pangan yang tidak sekedar memberikan rasa enak dan kenyang, tetapi juga memberikan fungsi kesehatan untuk tubuh orang – orang yang mengkonsumsinya.

Kedelai lokal memiliki peluang yang baik dalam industri pangan, khususnya untuk pangan fungsional dan gaya hidup sehat. Kedelai lokal tidak hanya sebagai sumber nutrisi nabati, tetapi juga memiliki kandungan protein tinggi yang berfungsi untuk membangun sel – sel tubuh. Selain itu kedelai lokal juga dapat berfungsi sebagai sumber bahan pangan fungsional karena memiliki kandungan isoflavon. Kandungan isoflavon akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan secara jangka panjang. Orang – orang Jepang telah membuktikannya dengan budaya konsumsi kedelai sejak usia dini.

Di Indonesia, peluang ini masih terbuka lebar. Belum banyak industri yang fokus mengolah kedelai lokal sebagai pangan fungsional dan segmen menengah ke atas. Kita lebih banyak mendapati kedelai diolah sebagai tahu tempe dengan sarana prasarana produksi yang seadanya. Padahal dengan memperbaiki sistem produksinya, kita bisa menangkap pasar yang lebih tinggi, harga jual produk yang lebih baik, dan harga pembelian kedelai ke petani lokal yang lebih layak.

Selain itu, produk fungsional yang masih jarang di Indonesia adalah soygurt. Soygurt merupakan yogurt yang menggunakan susu kedelai. Bakteri baik dari soygurt bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan soygurt kita juga bisa menangkap pasar para penggemar yogurt yang alergi dengan susu sapi.

Peluang kedelai lokal di industri pangan, khususnya segmen menengah ke atas memang terbuka lebar, akan tetapi perlu ada sistem yang tepat untuk menangkap peluang tersebut. Perlu ada sistem penanaman kedelai lokal yang tepat agar kedelai yang ditanam memang sesuai dengan spesifikasi kebutuhan industri, kontinuitas produksinya bisa tecapai sepanjang tahun, dan mutu dari hasil panen kedelai dapat terus konsisten. Selain itu, dengan adanya berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh petani, perlu adanya berbagai pihak yang menghubungkan para petani dan industri sehingga kerja sama antara kedua belah pihak tersebut dapat terlaksana.

 

Sumber Gambar : Freepik.Com

Leave a Reply